Penyebab mobil matic tidak bisa distarter mesin

Berkembang pesatnya teknologi pada kendaraan, turut menciptakan perluasan pasar khususnya untuk mobil-mobil dengan transmisi otomatis. Ya, mobil matic saat ini sudah menjadi kendaraan yang ternyata lebih banyak membawa kemudahan dan kepraktisan dalam berkendara. Terlebih, untuk penggunaan di kota-kota besar yang relatif lebih macet.

Seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna mobil matic, maka seiring itupulalah jumlah masalah yang muncul dari penggunaan mobil matic juga ikut bertambah. Salah satunya adalah mobil matic tidak bisa disarter mesin.


   Berkembang pesatnya teknologi pada kendaraan  Penyebab mobil matic tidak bisa distarter mesin

Sebenarnya, masalah mesin tidak bisa distarter ini juga bisa dialami oleh mobil bertransmisi manual. Namun dalam penanganannya, mendeteksi kerusakan pada mobil matic yang tidak bisa distarter mesin tentu lebih rumit dibanding dengan mobil manual.

Untuk mobil manual, kita masih bisa menghidupkan mesin dengan cara di dorong, namun tidak dengan mobil matic. Mobil matic tidak bisa dihidupkan dengan cara di dorong. Nah, pada artikel kali ini, ombro akan berbagi informasi mengenai penyebab mobil matic tidak bisa distarter mesin. Simak info lengkapnya dibawah ini.



1. Aki mobil soak

Penyebab mobil matic tidak bisa distarter mesin yang paling pertama dan paling sering terjadi adalah akibat aki mobil soak. Tanda-tanda aki mobil soak yang paling jelas saat mobil tidak bisa di starter mesin adalah lampu-lampu yang ada dipanel dashboard terlihat redup saat starter dilakukan.

Jadi, ketika kita mulai menstarter mesin, lampu-lampu yang ada di dashboard menjadi lebih redup dari biasanya, bahkan tak jarang lampu-lampu ini akan padam saat kita menekan tombol stater atau memutar anak kunci ke posisi starter.

Untuk mengatasinya, coba bersihkan kedua terminal pada kepala aki dari kotoran dan kerak yang ada lalu coba starter kembali. Jika masih tidak berhasil anda bisa mencoba untuk menjumper aki dengan aki mobil lain yang masih bagus.



2. Bahan bakar kosong

Penyebab mobil matic tidak bisa distarter mesin berikutnya adalah akibat bahan bakar kosong. Terkadang kita tidak menyadari bahwa bahan bakar yang ada di tangki bbm sudah habis. Tanpa bahan bakar yang mencukupi maka mesin tidak akan bisa hidup meskipun starter bisa dilakukan.

Ciri yang tampak jika bahan bakar kosong adalah fuel indicator gauge (indikator bahan bakar) sudah menunjuk di posisi E dan lampu indikator bahan bakarnya menyala. Solusinya cukup dengan mengisikan bahan bakar yang cukup agar mesin bisa hidup.

Baca juga:


3. Posisi tuas persneling tidak di P atau N

Penyebab mobil matic tidak bisa di starter mesin selanjutnya adalah karena saat kita menstarter mesin, tuas persneling tidak berada di posisi P atau N. Untuk mobil matic, pada tuas persneling terdapat saklar pengaman yang menyebabkan kita hanya bisa menstarter mesin di posisi tersebut.

Posisi ini hanya ada di posisi Park (P) dan Netral (N). Selain kedua posisi tersebut, (misalnya D, R, 2, L), maka kita tidak dapat menstarter mesin. Pastikan untuk memindahkan tuas persneling ke posisi N atau P sebelum anda menstarter mesin.



4. Sistem starter bermasalah

Hal berikutnya yang bisa menjadi penyebab mobil matic tidak bisa distarter mesinnya adalah aibat sistem starter bermasalah. Sistem starter terdiri dari banyak komponen mulai relay, saklar, sekring, harness/kabel-kable, hingga dinamo starternya.

Sistem starter ini akan bekerja saat kunci kontak di putar ke posisi starter. Dengan begitu, dinamo starter akan memutar mesin sehingga mesin bisa bekerja dan dapat dihidupkan. Ketika sistem starter ini bermasalah maka kita tidak dapat menstarter mesin. Berikut beberapa komponen yang kerap membuat masalah di sistem starter:

  • Relay dinamo starter.
  • Sekring dinamo starter.
  • Kunci kontak bagian starter.
  • Dinamo starter rusak (solenoid, brush, armatur, dll).



5. Kunci kontak bermasalah

Penyebab mobil matic tidak bisa distarter mesin yang berikutya adalah akibat adanya masalah pada kunci kontak. PErlu kita ketahui bahwa kunci kontak ini memegang peranan penting sebagai triger untuk mengalirkan listrik berarus tinggi ke dinamo starter sehingga dinamo starter bisa berputar.

Jika kunci kontak mengalami masala, tentunya arus listrik dari aki tidak akna mengalir dan menyebabkan mesin tidak bisa distarter. Berikut beberapa masalah yang kerap terjadi pada kunci kontak mobil:

  • Sistem immobiliser pada kunci kontak tidak konek
  • Terminal pada kunci kontak sudah aus
  • Battery smart key habis



6. Elektronik sistem transmisi otomatis bermasalah

Hal terakhir yang ombro ketahui bisa menjadi penyabab mobil matic tidak bisa distarter mesin adalah akibat elektronik sistem tarnsmisi otomatis bermasalah. Ya, untuk mobil-mobil masa kini, sistem transmisi otomatis sudah dikontrol secara elektronik dimana pada sistem ini membutuhkan input (sensor-sensor), pengatur kontrol (Transmisi control unit), dan aktuator (solenoid AT,dll)

Oleh karenanya, ketika terjadi masalah pada sistem elektronik AT ini, maka bisa mejadi penyebab mobil matic tidak bisa distarter mesin sebagai salah satu standar pengaman kendaraan.

Berikut beberapa contoh masalah yang terjadi pada sistem elektronik AT yang bisa menyebabkan mobil tidak bisa distarter mesin.

  • Inhibitor switch matic rusak
  • Transmission Control Unit rusak