Cara memilih cover mobil yang bagus

Cover mobil atau juga sering disebut tutup mobil, selimut mobil ataupun terpal mobil merupakan aksesoris mobil yang berfungsi untuk melindungi body dan cat mobil dari panas terik matahari, air hujan, debu dan kotoran saat mobil diparkir.

Cover mobil dipasang untuk menutupi seluruh bodi mobil sehingga bodi mobil tidak langsung terkena panas, air hujan debu ataupun kotoran yang dapat melekat selama mobil diparkir.

Karena cover mobil ini langsung berhubungan dengan cat dan body mobil, maka pemilihan cover mobil menjadi langkah awal agar tujuan untuk melindungi bodi mobil tidak berbalik merusak cat dan bodi mobil kesayangan.

Cover mobil atau juga sering disebut tutup mobil Cara memilih cover mobil yang bagus

Ya, pada kenyataannya, banyak yang sudah menggunakan cover mobil namun akhirnya kecewa akibat beberapa hal seperti warnanya luntur dan menempel ke bodi atau belum lama dipakai sudah sobek.

Nah, pada artikel kali ini, ombro akan berbagi informasi tentang cara memilih cover mobil yang bagus. Simak cara memilih cover mobil yang bagus seperti dibawah ini.

Pilih cover mobil yang ukurannya pas dan sesuai mobil anda


Hal paling pertama yang perlu dilakukan sebagai cara memilih cover mobil yang bagus adalah memilih cover mobil yang ukurannya pas dan sesuai dengan mobil anda. Ukuran cover mobil sendiri sangatlah beragam, ada yang berukuran besar, medium, dan kecil. Oleh karna itu kita perlu memilih yang ukurannya pas dan sesuai mobil yang ingin ditutupi.

Jika anda memilih cover mobil dengan ukuran yang terlalu kecil, maka sebagian area tidak akan tertutupi sehingga body mobil rentan kotor ataupun tergores. Selain itu, cover mobil yang kekecilan juga rentan sobek akibat tertarik atau terlalu kencang saat menutup body mobil.

Sedangkan ukuran cover mobil yang terlalu besar akan menimbulkan gap antara cover dengan body mobil sehingga angin, debu, kotoran bisa mudah masuk dan dapat menyebabkan goresan pada body mobil ketika cover kena hembusan angin dan menggesek body mobil.

Pastikan ukuran cover mobil yang anda pilih benar-benar sesuai dengan ukuran mobil anda sehingga bisa meminimalisir kekurangan apabila kebesaran atau kekecilan.


Pilih cover mobil yang menggunakan bahan berkualitas


Cover mobil yang bagus menggunakan bahan yang berkualitas dengan tujuan untuk memenuhi segala kebutuhan dalam melindungi body mobil dari panas terik matahari, debu, kotoran, hujan, ataupun dari goresan halus. Setidaknya terdapat 4 bahan cover mobil berkualitas yang umum digunakan seperti bahan taslan, polyester, puma, dan miky.

Selain itu, cover mobil yang bagus umumnya memiliki beberapa kritera seperti berikut:
  • Terdiri dari beberapa lapis bahan yang tidak mudah sobek sehingga cover mobil dapat menahan panas dan tidak tembus air namun tetap ringan saat digunakan serta mampu mencegah terjadinya embun.
  • Sisi bagian paling dalam halus namun tidak mudah tertempel debu atau pasir sehingga tidak menggores cat dan body mobil.
  • Warnanya tidak mudah luntur terutama setelah terkena panas dan air hujan dalam waktu yang berdekatan sehingga tidak merusak warna cat dan body mobil.

Pertimbangkan prioritas penggunaan (indoor atau outdoor)


Untuk memilih cover mobil yang bagus tentunya juga perlu dipertimbangkan dimana cover mobil tersebut akan lebih banyak digunakan. Jika mobil lebih sering diparkir dalam garasi maka cover mobil indoor merupakan pilihan yang tepat dan jika mobil sering diparkir diluar maka pilihan cover outdoor menjadi pilihan utama.

Ya, cover mobil indoor dan cover mobil outdoor memiliki karakteristik yang berbeda seperti misalnya untuk cover mobil indoor yang cenderung menggunakan bahan berpori agar bagian dalamnya tetap memiliki sirkulasi udara. Sedangkan untuk cover mobil outdoor cenderung memiliki bahan polyester atau bahan taslan yang ampuh menahan air hujan sekaligus juga menahan panas terik matahari.

Baca juga :


Pilih cover mobil yang dilengkapi strap dan tali pengencang


Cover mobil yang bagus harus dilengkapi strap dan tali pengencang. Pada sebagian besar cover mobil hanya dilengkapi dengan karet pengencang saja. Perlu diingat bahwa penggunaan cover mobil ini adalah untuk kondisi ekstrim seperti panas yang berlebih dan untuk waktu yang lama.

Jika hanya karet saja tanpa dilengkapi strap dan tali pengencang, lambat laun karet tersebut menjadi melar sehingga saat terhempas angin, cover mobil terangkat dan terlepas. Dengan adanya strap dan tali pengencang, maka cover mobil bisa tertutup lebih rapat, terikat kencang dan tidak mudah terlepas akibat hembusan angin.